Kamis, 10 Januari 2019

TURONGGO LANGGENG BUDOYO SRUWENG PENTAS DI TMII


Paguyuban Ebleg dari  desa  Karanggedang Sruweng, Turonggo Langgeng Budoyo pimpinan Ngadimin saat pengukuhan pengurus dan penyerahan akta lagalitas darai KemenHum Ham oleh Ketua Umum DKD Kebumen Pelik Sat Siswonirmolo.
Paguyuban Ebleg dari  desa  Karanggedang Sruweng, Turonggo Langgeng Budoyo pimpinan Ngadimin, pada hari Minggu (25/3) berhasil memukau ratusan pengunjung Anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Pementasan Swadaya Ebleg Turonggo Langgeng Budoyo itu selain dalam rangka Pameran Produk Unggulan Jawa Tengah, juga dalam rangka Reuni Alumni SMP Negeri 2 Karanganyar yang konon sudah 34 tahun tidak pernah berjumpa.

Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Kebumen Pekik Sat Siswonirmolo yang turut mendampingi rombongan Ebleg Turonggo Langgeng Budoyo ke TMII memberikan apresiasi yang setinggi-tinginya pada Turonggo Langgeng Budoyo yang dengan pementasan di TMII tersebut, menunjukkan adanya tekad semangat kemandirian yang luar biasa, untuk turut nguri-uri kesenian Ebleg Kebumen.
Hal senada juga disampaikan oleh H.Khamerun SE.MM Kepala Subdit Anjungan Jawa Tengah TMII, pada saat sambutan mewakili Kepala Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah , Drs Koesdarminto MM. Pada kesempatan tersebut H.Khamerun  juga menyerahkan piagam penghargaan kepada Ebleg Turonggo Langgeng Budoyo.




Suwignyo SE, warga Desa Karanggedang yang juga donatur penyelenggaraan acara tersebut mengatakan lawatan budaya sebagai ajang silsturahmi sekitar 100 orang alumni alumni SMP Negeri 2 Karanganyar yang sudah 34 tahun tidak ketemu, untuk pendanaan penyelenggaraan berasal dari swadaya komunitas, beberapa alumni yang terpilih, donatur dan juga Bank Jateng Kebumen. Suwignyo berharap dengan pagelaran di TMII, akan menjadikan kesenian ebleg Turonggo Langgeng Budoyo , Kebumen semakin eksis, apalagi di TMII ini ebleg Turonggo Langgeng Budoyo di TMII dengan penampilan yang lain.
  



Untuk latihan persiapan pagelaran Ebleg Turonggo Langgeng Budoyo ke TMII yang dilaksanakan di halaman Dinas Pendidikan Kebumen, dengan peralatan difasilitasi oleh Dinas Pendidikan  Kabupaten Kebumen, dan  dilatih oleh BE Susilohadi,S.Pd. Staf Dinas Pendidikan  Kabupaten Kebumen.

Tampak turut hadir menyaksikan pagelaran, dari Paguyuban Jawa Tengah yang berasal Kebumen Brigjen Pol.Drs. Eddy Murdiyono SH,MH, Bambang Ris dari Iwakk Walet Emas, perwakilan  dari Dinas Pendidikan Kebumen, Ibu Kepala desa Karanggedang, warga Karanggedang di Jakarta dan ratusan pengunjung anjungan Jawa Tengah pecinta kesenian ebleg di Kebumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar