Kamis, 10 Januari 2019

JAGO TENGSIANG PENTAS DI TBRS SEMARANG.

Rombongan diterima Kepala DISKOMINFO Jawa Tengah Dadang Soemantri (tengah batik hitam)
Setiap menjelang masa pemilihan kepala daerah, akan muncul para pengusung calon jago kepala daerah. Mereka mempromosikan calon yang dijagokan.
Deklarasi Anti Hoak sebelum Festival dimulai bersama kontingen yang lain

Mereka akan bersaing dengan berbagai cara untuk mengkapanyekan jago masing-masing. Tidak menutup kemungkinan munculnya penyebaran ujaran kebencian (hoaks) dan fitnah tehadap calon. Diperlukan adanya upaya untuk mengingatkan warga masyarakat, meskipun jago yang diusung berbeda, tidak kemudian menjadi saling bermusuhan. Mengingatkan masyarakat agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Sehingga terlaksana pemilu damai, yang mesti becik tur nyenengke.
Rangkaian Tarian Pembuka sebelum pementasan
Rangkaian Tarian Pembuka sebelum pementasan

Rangkaian Tarian Pembuka sebelum pementasan
 Itulah sinopsis dan pesan moral yang terkandung pada pementasan Jago Tengsiang, persembahan Sekolah Rakyat Melubae, yang diutus Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) kabupaten Kebumen, untuk mewakili Kabupaten Kebumen pada Festival Pertunjukan Rakyat Forum Komunikasi Media Tradisional Provinsi Jawa Tengah 2018, yang diselenggarakan oleh Diskominfo Jawa Tengah (28/04) di Taman Budaya Raden Saleh Semarang.
Adegan Jago Tengsiang di Taman Budaya Raden Saleh Semarang

Adegan Jago Tengsiang di Taman Budaya Raden Saleh Semarang

Duta kabupaten Kebumen tersebut berangkat ke Semarang pada Jum'at malam (27/04) dilepas oleh Lurah Kebumen Dede Suntoro, S.Sos, dari Balai Kelurahan Kebumen. Rombongan dengan 25 personil, yang terdiri dari 5 orang penari, 4 orang aktor, 6 orang pemusik, dan 5 orang kru, itu selanjutnya difasilitasi Diskominfo Jateng untuk transit di Aula Diskominfo Jateng.

Adegan awal  Jago Tengsiang di Taman Budaya Raden Saleh Semarang

Persiapan pementasan Jago Tengsiang di Taman Budaya Raden Saleh Semarang

Adegan awal Jago Tengsiang di Taman Budaya Raden Saleh Semarang
Bahkan pada pagi harinya Kepala Diskominfo Jawa Tengah  Dadang Soemantri sempat berkunjung untuk bertegur sapa dan foto bersama dengan rombongan kesenian dari Kebumen yang transit di aula Diskominfo Jateng.
Pementasan teater yang merupakan produksi Sekolah Rakyat Melubae (SRMB)
Kebumen tahun 2018 tersebut mengangkat cerita Jago Tengsiang, dengan sutradara Pekik Sat Siswonirmolo, dengan pemain Pitra Suwita, Pekik, Dalwan Darmawan Riyadi, Sudaryono Cengkim, dengan lima orang penari Arum dan Wiwied. Vera S.Pd, Ari Setyowati,S.Pd, Esti Kurniawati, S.Pd. Untuk garapan musik dipercayakan pada Nurrokhim, Dodot Suryo Handaru, Sudiantoro, Sutarjo, S.Pd. Bandiyo Sriyono S.Pd dan Sujatmiko S.Pd. sedangkan garapan tari oleh Sutarjo, S.Pd.
Pada sambutan pemberangkatan Lurah Kebumen Dede Suntoro, S.Sos menyatakan dukungannya pada acara pementasan teater rakyat oleh Komunitas Sekolah Rakyat Melubae (SRMB) Kebumen dalam rangka Festival Pertunjukan Rakyat Forum Komunikasi Media Tradisional Provinsi Jawa Tengah 2018, di Taman Budaya Raden Saleh Semarang. Harapanya pementasan Komunitas Sekolah Rakyat Melubae (SRMB) di Festival dapat menjadi duta kesenian yang mengharumkan Kabupaten Kebumen.
Ketua FK-Metra  Kabupaten Kebumen Pekik Sat Siswonirmolo menyampaikan bahwa keikutsertaan Kebumen pada even Festival Pertunjukan Rakyat Forum Komunikasi Media Tradisional Provinsi Jawa Tengah 2018 merupakan kali yang pertama, sejak secara rutin tiap tahun even ini diselenggarakan 10 tahun yang lalu, namun meskipun dalam keadaan yang serba terbatas, tetap optimis pada kesempatan kali ini akan berhasil mendapatkan kejuaraan.

Dewi Indri Astuti,S.P.,MM, Kabid IKP Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kebumen, yang turut menyaksikan pementasan di Taman Budaya Raden Saleh menyatakan pementasan teater rakyat Jago Tengsiang SRMB adalah untuk mewakili Kabupaten Kebumen dalam Seleksi Pertunjukan Rakyat di Taman Raden Saleh Semarang pada tanggal 28 April 2018, setelah sebelumnya telah dipentaskan di Balai Kelurahan Kebumen dalam rangka Sosialisasi Pilgub dan Wagub Jateng 2018.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar