Minggu, 03 September 2017

SMA 1 GOMBONG PENTASKAN WAYANG DENGAN 15 DALANG



Aksi salah satu dalang putri dari siswi SMA Negeri Gombong.

SMA Negeri Gombong pada hari Sabtu(12/8) menggelar acara spektakuler, Pagelaran wayang kulit dengan 15 orang dalang. Dari ke 15 dalang tersebut terdiri dari 2 orang guru, 7 orang siswa putra dan 6 orang siswa putri.
Menurut Kepala SMA Gombong Budi Riyanto, S,Pd Pagelaran wayang tersebut dalam rangkaian peringatan hari ulang tahun SMA Gombong yang ke 54, yang jatuh pada tanggal 16 Agustus nanti. Pagelaran sejenis selalu diselenggarakan setiap tahun.” Apresiasi pagelaran wayang kulit sehari penuh ini adalah yang ke 8,  dengan lakon Mutiara Kesaput Lebu  karangan Surawan pelatih wayang dan karawitan SMA Negeri 1 Gombong, disaksikan oleh 650 anak siswa kelas X dan kelas XI. Pagelaran Wayang sebagai upaya sekolah menjadi penjaga gawang untuk nguri uri kebudayaan jawa, harapanya Siswa-Siswi SMA Negeri Gombong, mampu menjadi penerus sebagai penjaga gawang untuk nguri-uri Kebudayaan Jawa”.
Budi Riyanto, S,Pd  menambahkan, pada saat adegan Limbukan diselingan tari kreasi Tari Tumandang, dengan 12 siswi penari, dan Orkestra Musik.

Aksi dalang putri dari dua siswi SMA Negeri Gombong yang lain pada adegan Limbukan.
Hadir pada pagelaran tersebut Ketua Umum DKD Kebumen Pekik Sat Siswonirmolo, Ketua Komite SMA Neg.1 Gombong, Muspika kec. Gombong, Kepala-Kepala SMP di sekitar Gombong dan Perwakilan Siswa SMP di sekitar Gombong.  
 
 
 
 
Dalang Putri dari SMA Negeri Gombong
 
Para Guru SMA Negeri Gombong  yang menjadi Dalang mendampingi dalang Siswa Siswi  nya.
  Ketua Komite SMA Negeri 1 Gombong, Gunawan menyatakan dukungannya terhadap kegiatan tersebut, dengan selalu menganggarkan dana Komite untuk penyelenggaraan kegiatan pagelaran disetiap tahunnya.
Ketua DKD Kebumen memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas penyelenggaraan pagelaran wayang tersebut. Pagelaran tersebut  menjadi bukti bahwa SMA Negri 1 Gombong memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pendidikan pengembangan dan pelestarian seni dan budaya pada umumnya, dan seni dan budaya jawa pada khususnya, kepada peserta didiknya.
Para dalang dari siswa siswi SMA Negeri Gombong antri menunggu giliran pentas
 Menurut pelatih dalang dan karawitan di SMA Negeri 1 Gombong, Surawan, Pagelaran wayang dilaksanakan dari pukul 08.00 dan akan berakhir pada pukul 17.00 WIB. Pagelaran tersebut didukung oleh 15 dalang, yang terdiri dari 2 orang guru, Charli Hariyadi dan Winarmoyo, ditambah 13 dalang siswa siswi SMA Negeri 1 Gombong, dengan 18 anak penabuh gamelan dan 22 anak swarawati. Pada pra acara pagelaran diisi dengan Panembromo yang diikuti oleh 140 anak.

” Apresiasi pagelaran wayang kulit sehari penuh ini adalah yang ke 8,  dengan lakon Mutiara Kesaput Lebu  karangan Surawan melibatkan 15 orang dalang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar