Selasa, 29 Agustus 2017

Lomba Drama Remaja DKD 2017 se Kabupaten Kebumen



Para Penerima trophy Penampil Terbaik 1,2,3 foto bersama Ketua Umum DKD Kebumen seusai penerimaan hadiah.
Lomba Drama Remaja se Kabupaten Kebumen digelar hari Minggu, 29 Januari 2017; di Aula PGRI, Jl. Kaswari Kebumen. Lomba yang diselenggarakan oleh DKD (Dewan Kesenian Daerah) Kab. Kebumen ini diikuti oleh 9 (sembilan) kelompok drama dan  teater yang berasal dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi. Diantaranya SMA Negeri 1 Kebumen, SMA Negeri 1 Karanganyar, SMK Negeri 1 Karanganyar, SMU Muhammadiyah Gombong, SMA Negeri Klirong, MA Salafiyah Wonoyoso dan dari 1 kelompok dari IAINU Kebumen.

Pelaksanaan kegiatan lomba yang merupakan program kegiatan DKD Kebumen di tahun 2017 ini didukung oleh PGRI Kab. Kebumen. Tampil sebagai penampil terbaik I Teater Karang dari SMA Negeri 1 Karanganyar dengan lakon Sintren. Penampil Terbaik II Teater Exsorcisem SMA Negeri 1 Kebumen dengan lakon Roro Jongrang, sedangkan Penampil Terbaik III Teater Gasmeka dari SMK Negeri 1 Karanganyar dengan lakon Darah Pejuang, Penampil Terbaik  Harapan I dari Teater Akar SMA Karanganyar, Penampil Terbaik  Harapan II dari :  Teater Kelir SMA I Klirong, dan Penampil Terbaik  Harapan III Teater Senja           SMA Muhammadiyah Gombong. Selanjutnya untuk Penyutradaraan Terbaik diraih Teater Karang SMA Negeri Karanganyar pada lakon Sintren. Aktor/Aktris Terbaik diraih oleh Anisah Inayati pemeran Sumini dalam lakon Sintren produksi Teater Karang SMA Karanganyar, Artistik Terbaik diraih Teater Exsorcisem SMA Negeri 1 Kebumen pada lakon Roro Jongrang.
Satu adegan pada lakon Sintren garapan SMA Negeri 1 Karanganyar.peraih Penampilan terbaik 1 Lomba Drama Remaja DKD Kebumen 2017 di Aula PGRI Kebumen.
Ketua Umum DKD Kab. Kebumen, Pekik Sat Siswonirmolo, saat menyaksikan pelaksanaan lomba menyampaikan terima kasih kepada PGRI Kebumen yang telah memberi fasilitas tempat  demi terselenggaranya kegiatan lomba. Meskipun untuk pelaksanaan lomba drama yang standar DKD masih mengalami kesulitan, mengingat kurangnya fasilitas yang memadai, tetapi diharapkan lomba ini sebagai tahapan dari proses yang tidak lalu berhenti saat lomba diselenggarakan. Tetapi dapat memberikan motivasi lebih lanjut bagi pegiat seni teater, untuk memicu proses kaderisasi berkesenian, terutama bagi kalangan remaja di Kabupaten Kebumen.
Seperti kita ketahui bersama bahwa hingga saat ini Kebumen belum memiliki gedung kesenian yang memadai. Jangankan gedung kesenian, hingga saat ini DKD Kebupaten Kebumen juga belun memiliki kantor sekretariat.
“Seni drama atau teater ini hendaknya dapat pula menjadi wahana pendidikan karakter bangsa”, harapan Pekik Sat Siswonirmolo.

Ketua Pelaksana lomba Pitra Suwita pada sambutan pembukaan menyampaikan “ Pada Lomba Drama Remaja DKD 2017, dengan tema Remaja Berbudaya Remaja Cinta Indonesia yang memperebutkan Piala Bupati Kebumen, trophy DKD, uang pembinaan dan bingkisan ini, diselenggarakan sebagai agenda tahunan  DKD Kabupaten Kebumen, diharapkan dapat menumbuh kembangkan kecintaan terhadap kesenian drama atau teater di kalangan remaja, pada khususnya dan pelajar di Kabupaten Kebumen pada umumnya.

Tiga Yuri, Tiga Kriteria.

Penyutradaraan, keaktoran dan artistik; merupakan tiga aspek kriteria yang didinilai pada lomba tersebut. Untuk menjaga kualitas dan obyektifitas penilaian pada lomba tersebut, panitia pelaksana mendatangkan 1 orang yuri dari luar kota, yaitu: Indriotomo Brigandono atau akrap disapa Masendro, Praktisi Teater dari Jakarta, yang didampingi Achmad Marzoeki, ST (Kang Juki) dan Ary Susanto, SE, dari pengurus DKD Kebumen.

Beberapa rekomendasi dari ketiga yuri bagi 9 kelompok peserta yang berasal dari 6 sekolah dan 1 perguruan tinggi, yaitu bahwa berkesenian teater (drama) bukan sekedar sebuah pementasan dengan menyelesaikan hafalan naskah semata. Perlunya manajemen pementasan dengan memperhatikan beberapa aspek dramaturgi dan hal-hal teknis lainnya dalam pementasan drama. Rekomendasi ini diharapkan menjadi masukan yang berharga bagi pengembangan seni drama di Kabupaten. Kebumen ini.       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar