Rabu, 30 Agustus 2017

Kebumen Mborong Kejuaraan Di Batik Carnival Cilacap

Tema Pangeran Tudung yang berhasil menggondol juara 1  Batik Carnival Gelar Budaya Bercahaya 2017 di Cilacap.
Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Kebumen kembali mengharumkan nama Kebumen.
Kali ini memborong 3 kejuaraan sekaligus, dalam even batik carnival pada Gelar Budaya Bercahaya 2017 di Cilacap, Minggu(5/3). Pada kegiatan yang diselenggarakan sebagai rangkaian hari jadi kota Cilacap bercahaya tersebut, DKD Kebumen mengutus Tim Batik Carnival dari Griya Paes Kedawung Pejagoan pimpinan Widadi Prasetyo, S.Pd, untuk mengikuti festival.
Tim Batik Carnival Griya Paes yang beranggotakan 9 orang personil, diantaranya Widadi Prasetyo, S.Pd, Soni Setiawan, S.Pd. Basit Ali Najah, dan Andika Yahya itu, berangkat dengan mengusung 3 tema kostum batik carnival; Pangeran Tudung, Eksotika Wijaya Kusuma dan Garudanesia.
Pada lomba tingkat Karesidenan Banyumas Kedu yang diselenggarakan oleh Sanggar Priyambodo, Asosiasi Pemuda Pemudi Indonesia Cilacap (APPIC ) dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap itu, berlangsung di Aula Cagar Budaya Bau Salim, yang merupakan Pendopo Cilacap tempo dulu. Lomba diikuti oleh 15 peserta, utusan dari Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen dan Purworejo. Ada 4 juara yang diperebutkan juara 1,2,3 dan juara favorit, Tim Batik Carnival Griya Paes berhasil memborong 3 juara, yaitu Juara I, Juara 2 dan Juara Favorit, masing-masing untuk Pangeran Tudung, Eksotika Wijaya Kusuma dan Garudanesia.
Perancang Seni Rias Fantasi dari Griya Paes Kedawung, Soni Setaiwan mengatakan bahwa dari awal penonton sudah terpukau oleh penampilan tim Batik Carnival dari Kebumen yang spektakuler. Bahkan sampai membuat macet arus lalu lintas. Karena Panitia sangat mengagumi hasil rancangan dari Kebumen, maka pada acara Pawai Budaya dalam puncak acara HUT Cilacap, pada 25 Maret nanti kostum Kebumen akan dipakai oleh Duta Wisata Kabupaten Cilacap. Panitia juga mengundang Tim Batik Carnival Kebumen untuk juga mengikuti lomba sejenis pada puncak acara HUT Cilacap tersebut.
Soni menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya pada Pengurus DKD Kabupaten Kebumen, yang telah memberikan dukungan yang sangat besar, sehingga Timnya berhasil meraih 3 kejuaraan di even tersebut.
Soni berharap Pemkab Kebumen nantinya akan memberikan dukungan fasilitas yang memadai pada DKD Kebumen, sehingga kedepan DKD dapat berpartisipasi lebih besar pada setiap pengiriman kontingen atau duta seni dan budaya ke luar daerah.
Peserta Batik Carnival Gelar Budaya Bercahaya 2017 di Cilacap foto bersama dihalaman Cagar Budaya Pendopo Bau Salim, yang merupakan Pendopo Kabupaten Cilacap Tempo Dulu.
Ketua Umum DKD Kebumen Pekik Sat Siswonirmolo, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas prestasi yang telah dicapai oleh Tim Batik Carnival dari Griya Paes Kedawung Pejagoan. Bahwa dukungan DKD Kebumen tidaklah seberapa dibanding prestasi yang telah dicapai. Bahkan secara umum DKD Kebumen meminta maaf pada beberapa tim atau kontingen seni dan budaya yang dikirim ke luar daerah.
Karena DKD Kebumen hingga saat ini belum bisa berbuat banyak. DKD Kebumen masih sangat terbatas dalam memberikan dukungan dalam banyak hal kepada kontingen atau duta seni dan budaya yang dikirim ke luar daerah, hal tersebut terkendala oleh keterbatasan yang ada pada DKD Kebumen. Meskipun demikian DKD berharap keterbatasan tersebut, tidak menyurutkan semangat teman-teman pelaku seni di Kebumen, untuk berprestasi mengharumkan nama Kebumen tercinta. Semoga saja diwaktu- waktu mendatang keadaan DKD Kebumen akan lebih baik sesuai semboyan Kebumen Kudu Tambah Maen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar