Selasa, 07 Januari 2020

EBLEG SINGO MATARAM GLADI PENTAS

Pada Minggu siang (05/01/2020) grup ebleg Singo Mataram Panjer Kebumen mengadakan gladi pentas di lokasi padepokannya yang berada di belakang Makodim Kebumen. Meskipun hanya gladi pentas, ternyata kemunculan grup ebleg ini meskipun dalam guyuran gerimis, tetap mendapat perhatian yang cukup besar dari penonton dan warga sekitar. Bahkan ada beberapa penonton yang turut terhanyut sehingga ikut mendem pada gladi pentas tersebut. Pemain dan penonton pada gladi pentas tersebut didominasi oleh remaja dan pemuda.



Ebleg Singo Mataram Panjer Kebumen, merupakan satu-satunya grup ebleg yang ada di kecamatan Kebumen. Grup ebleg ini menurut penuturan Wiwid, salah satu sesepuh grup, merupakan grup yang sudah berusia tua, bahkan diyakini grup ebleg ini merupakan cikal bakal grup-grup ebleg yan ada di kabupaten Kebumen. Wiwid mengakui pada tahun 1960-an Wiwid yang pada saat itu beusia sekitar 10 tahun sudah mengikuti grup ebleg tersebut.


" Kula dereng lahir, grup ebleg ini sudah ada" aku Wiwid.
Memang cukup disayangkan keberadaan grup ebleg ini kurang mendapat dukungan pihak-pihak terkait. Nampak pada beberapa piranti gamelan maupun kostum grup yang sepertinya sangat sederhana. Piranti gamelan hanya terdiri dari 2 buah kempul, 1 gong, 1 saron, 1 demung, 1 peking, 1 kethuk kenong, dan 1 buah gendang. Pada ebleg dan selimut barongan juga nampak sudah tua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar