Minggu, 03 Maret 2019

Pementasan Titik Kumpul

Performance Titik Kumpul dari Kecamatan Ayah
Dalam Rangka penggalangan dana untuk Persiapan Pementasannya di Taiwan, komunitas Titik Kumpul dari kecamatan Ayah, pada Sabtu 23 Februari 2019 pukul 20.00,  melakukan pentas di Panggung Terbukan Diskominfo Kebumen. Pijar Sudiro dari Titik Kumpul mengatakan " Acara apresiasi seni dalam rangka persiapan mengikuti festival seni di Taiwan, Komunitas Titik Kumpul mengadakan pentas penggalangan dana."



Adapun sinopsis pementasan dengan judul Ha'Ra adalah sebagai berikut 
Ha’Ra
Berangkat dari kehadiran dan kiprah seorang seniman legendaris. Menggambarkan keteguhan dan keyakinan dalam menjaga jati diri kebudayaan lokal melaui seni pertunjukan. Perjuangan yang berdarah darah dalam merengkuh kesenian dan budaya lokal, baik di atas panggung maupun di luar panggung (kehidupan sosial) menjadi bagian yang diangkat sebagai alur dramatik karya “Ha’Ra”. Lahirnya karya “Ha’Ra” sekaligus adalah cerminan tentang penghargaan generasi muda terhadap nilai-nilai budaya lokal dan sejarahnya. Siapakah dia? Sosok wanita yang sederhana, lemah gemulai, berparas cantik, baik tutur kata dan sikapnya; Cablaka (Seblaka Sesutane). Segala tentangnya,  menjadikan ia sosok seniman yang akan selalu dikenang dan menjadi kiblat para maestro seni budaya lokal (pangiyongan).






Pementasan dengan tiketing dilaksanakan berkolaborasi dengan musik dangdut klasik, yang juga berasal dari komunitas Titik Kumpul ayah. Meskipun dalam suasana gerimispementasan Titik Kumpul masih menarik perhatian masyarakat, terbukti pada malam tersebut  pementasan disaksikan puluhan pecinta seni pertunjukan di Kebumen.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar